Menu

Product Categories

×

Mini Cart

×
 

Info Lowongan Kerja Setter Buku Anak

Kualifikasi:

  • Pria/Wanita Maks. 27 Tahun.
  • Pendidikan Minimal D3 (DKV).
  • Diutamakan memiliki pengalaman di dunia perbukuan.
  • Menguasai software Adobe Indesign, Ilustrator, Photoshop.
  • Memahami konten buku anak.
  • Memahami dan menguasai tata bahasa Indonesia.
  • Menguasai Bahasa Asing (Bahasa Inggris & Bahasa Arab) lebih disukai.
  • Mampu bekerja dalam tim, kreatif, dan inovatif
  • Posisi penempatan di Bandung

KIRIMKAN LAMARAN & CV ANDA KE:

agro.rekrutmen@agromediagroup.com

Atau

HRD.Kelompok Agromedia

Jl. H. Montong No. 57, RT. 09 RW. 03, Ciganjur - Jagakarsa - Jakarta Selatan

dengan menuliskan posisi yang dilamar pada subjek e-mail atau di pojok kiri amplop.

 

Foto oleh: Ashley Nicole Photography

Nama bukanlah sekadar panggilan yang tidak memiliki arti atau hanya sebuah hiasan. Nama adalah identitas seseorang. Sebagian ulama pun mengatakan bahwa nama adalah sebuah doa dan harapan yang diinginkan oleh kedua orangtua untuk anaknya.

Memberikan nama untuk anak memang tidak bisa sembarangan. Karena dalam sebuah nama, sebenarnya orangtua sedang mendoakan agar anaknya memiliki akhlak, sifat, dan juga tingkah laku yang sesuai dengan nama yang diberikan. Misalnya banyak orangtua yang memilih nama anak dengan nama-nama Nabi & Rasul. Hal itu karena orangtua menginginkan anaknya kelak akan mempunyai akhlak seperti Nabi.

Selain menggunakan nama Nabi, banyak juga orangtua yang menggunakan nama Islami dengan arti pujian untuk anaknya. Seperti “Kamal” yang berarti “kesempurnaan”. Atau “Aziz” yang memiliki arti “yang terhormat”. Biasanya nama ini pun dirangkai menjadi satu nama panjang agar lebih memiliki makna.

Contohnya seperti nama “Farhan Abdul Khaliq”. Jika dipisah, “Farhan” memiliki arti “yang gembira, yang senang”, lalu “Abdu” memiliki arti “hamba”, sedangkan “Al-Khaliq” berarti “yang menciptakan”. Jadi jika digabung menjadi sebuah nama, akan memiliki arti “Hamba Allah Maha Pencipta yang selalu senang dan gembira”.

Contoh lainnya untuk nama bayi perempuan adalah, “Naura Shafa Mahbubah”. Jika dipisah, “Naura” mempunyai arti “cahaya”, lalu “Shafa” berarti “lembut”, dan “Mahbubah” memiliki arti “disukai”. Jadi makna nama “Naura Shafa Mahbubah” adalah “Perempuan yang bersinar begaikan cahaya, memiliki kelembutan dan disukai”.

Berikan nama yang indah, berkah, dan juga bermakna untuk buah hati Anda. Karena merekalah doa dan harapan Anda.


rangkaianMasih banyak nama Islami yang memiliki makna terbaik lainnya yang dapat Anda temukan dalam buku Variasi Rangkaian Nama Bayi Islami Terbaik dari Ust. K. Akbar Saman. Tidak hanya pilihan nama, tata cara pemberian nama bayi, nama anjuran dari Rasulullah, beserta kumpulan doa agar dikaruniai anak shaleh pun ada dalam buku ini.

jerman-head

Sumber foto: Pedro Paulo Boaventura Grein

Jerman. Sebuah negara di Eropa ini terkenal dengan makanan, arsitektur, dan tempat wisata yang penuh sejarah. Jika Anda ada rencana untuk pergi berlibur ke Jerman untuk menikmati sejarahnya, ada baiknya Anda mengenal sekilas mengenai tempat wisatanya dan tentu saja bahasanya.

Jerman memiliki banyak tempat wisata yang bersejarah. Anda dapat mengunjungi Tembok Berlin yang berkaitan erat dengan sejarah Jerman. Tembok ini dibangun untuk membagi kota Berlin menjadi Berlin Barat dan Berlin Timur pada tahun 1961. Kemudian pada tahun 1989, terjadi reunifikasi dua Jerman sehingga diruntuhkanlah Tembok Berlin.

Selain Tembok Berlin, Anda bisa mengunjungi Reichstag atau gedung parlemen yang berada di Berlin. Bangunan ini bergaya neoklasik dan sering menjadi atraksi utama bagi para wisatawan. Jika Anda bergerak ke daerah Cologne, kunjungilah Katedral Köln atau Kölner Dom. Gereja gotik terbesar di Eropa Utara ini mulai dibangun pada tahun 1248 dan memerlukan 600 tahun untuk menyelesaikannya. Bangunan yang tak kalah megahnya adalah kastil Neuschwanstein. Kastil ini terletak di Bavaria dan dibangun atas keinginan Raja Ludwig II untuk menghidupkan cerita rakyat dan dongeng Bayern.

Jika Anda sudah mengetahui beberapa tempat wisata di Jerman, jangan lupa untuk mempelajari sedikit bahasanya. Berikut percakapan yang dapat Anda praktikkan.

Gabriela : Wohin fahren wir jetzt?
[Mau pergi ke mana kita sekarang?]
Klaus : Wir wollen zum Erich Kästner Museum in Dresden fahren
[Kita akan pergi ke Museum Erich Kästner di Dresden
Gabriela : Können Si emir erzählen, wer Erich Kästner ist?
[Bisakah kamu menceritakan siapa Erich Kästner itu?]
Klaus : Natürlich, Erich Kästner ist en Kinderbuchautor in Deustchland
[Tentu, Erich Kästner adalah seorang pengarang buku anak-anak di Jerman.]
Gabriela : Was können wir dort sehen?
[Apa yang bisa kita lihat di sana?]
Klaus : Dort gibt es Literaturwerke und Fotos von Erich Kästner
[Di sana ada karya-karya sastra dan foto-foto Erich Kästner.]

Sudah siap berwisata ke Jerman? Yuk, pelajari terlebih dahulu bahasanya supaya Anda lebih mudah mengenal dan berwisata di Jerman.


deutsch-lernenIngin belajar bahasa Jerman dengan cepat dan mudah? Buku Deustch Lernen dari Hilda Septriani dan Fitriayu Penyalai dapat Anda jadikan teman efektif untuk belajar. Dilengkapi dengan CD audio dari penutur asli, membuat Anda lebih mudah berlatih cara pengucapan yang baik

nabawi

Sumber foto: Lando Mikael

Ketika seseorang ingin menunaikan ibadah haji, kita selalu menyampaikan doa agar ia menjadi haji yang mabrur. Namun ternyata, kemabruran haji itu bukanlah hasil akhir dari perjalanan ibadah haji.

Sebuah buku yang berjudul [Jangan] Panggil Saya Haji ini berisi beberapa tulisan jurnalis dari berbagai media. Mereka tergabung dalam Tim Media Center Haji 1434 H/2013 M. Ada banyak kisah yang haru, seru, namun tak kalah lugu. Mereka mengisahkan perjalanan haji bersama para jamaah asal Indonesia.

Salah satu cerita datang dari Hazmirullah. Ia bercerita tentang kejadian dengan Jemaah Indonesia di Madinah. Saat itu ada seorang Kepala Seksi Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIH, Mustaghfirin. Mustaghfirin membantu seorang jamaah asal embarkasi Solo yang tersesat di sekitar Masjid Nabawi. Ia ingin mengantar jamaah tersebut masuk ke hotel melalui arah belakang. Namun ternyata jamaah tersebut protes dan marah-marah karena merasa itu bukan hotelnya. Hotel yang dimaksud jamaah itu menggunakan bahasa Latin, bukan berbahasa Arab seperti yang Mustaghfirin tunjukkan. Mustaghfirin pun mengajak sang jamaah untuk mengitari bangunan hotel. Sesampainya di depan hotel, ia mengatakan bahwa inilah hotel yang dimaksud jamaah. Jamaah kaget dan tersadar dengan berujar, “Lho, podho toh?”

Tidak hanya cerita lugu dari para jamaah yang membuat kita tersenyum atau bahkan tertawa, cerita haru pun juga disajikan oleh para jurnalis ini. Cerita-cerita tersebut menyadarkan bahwa sebuah kemabruran haji itu merupakan proses yang tak berkesudahan yang harus dijaga oleh setiap manusia hingga mati. Jika seorang bergelar haji tidak mampu menjaganya, secara otomatis kemabruran bakal lenyap dari dirinya.

Selama berada di Tanah Suci, besar kemungkinan kemabruran masih bisa terjaga. Tetapi jika sudah pulang ke tanah air, ujian sesungguhnya baru dimulai saat menjalani kehidupan sehari-hari. Jika para haji itu tidak taat kepada Allah dan justru terjebak pada perilaku riya, sombong, dan tinggi hati, jangan sekali-kali panggil dengan sebutan ‘haji’.


jangan-panggil-saya-hajiBuku [Jangan] Panggil Saya Haji dari Tim Media Center Haji ini memuat tulisan-tulisan dari para jurnalis haji di tahun 2013 lalu. Beragam cerita unik dapat membuat kita menyadari makna haji sesungguhnya

pasti-un-head

 Sumber foto: https://flic.kr/p/d1NJa

Tidak terasa dalam waktu beberapa bulan ke depan, kita akan masuk tahun 2015. Bagi kamu yang sedang duduk di bangku SMP kelas 3, Ujian Nasional atau UN akan segera dilaksanakan. Apa kamu sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi UN 2015?

Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri menuju UN. Mulai dari mengerjakan soal latihan, belajar kelompok, mengikuti les atau bimbingan belajar, sampai menambah jam belajar di sekolah. Semua itu biasa dilakukan pada siswa sekolah yang ingin memiliki nilai bagus saat UN. Ketika hasil bagus yang didapat, tentu kamu bisa dengan mudah masuk SMA unggulan pilihanmu.

Salah satu cara mempersiapkan diri yang paling mudah adalah mengerjakan soal latihan, terutama soal yang diambil dari UN terdahulu. Ingat, soal yang hadir dalam UN mendatang adalah tipe soal yang sudah pernah hadir dalam UN tahun sebelumnya. Karakteristik soal UN memang berulang dan tidak jauh berbeda. Jadi jika kamu sering berlatih dengan soal-soal UN terdahulu, ke depannya kamu tidak akan kesulitan lagi menghadapi soal UN 2015.

Ketika kamu berlatih dengan buku latihan soal, pastikan buku tersebut memiliki kunci jawaban dengan penjelasan yang lengkap dan mudah dipahami. Jika mengerjakan soal matematika, pastikan terdapat rumus yang jelas dalam kunci jawabannya. Hal itu tentu akan memudahkan kamu memahami tipe soal-soal UN.

Jangan lupa untuk melatih dirimu untuk mengerjakan soal dengan tenggat waktu. Saat mengerjakan UN, kamu membutuhkan strategi cepat dan tepat dalam menjawab soal. Hal ini dikarenakan waktu yang diberikan saat UN sangat terbatas. Dengan jumlah soal 40 atau 50 dan waktu pengerjaan selama 120 menit, maka rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menjawab satu soal adalah 2 – 3 menit.

Lihat juga prediksi soal UN yang kira-kira akan keluar nanti. Di dalam prediksi UN biasanya akan memuat tipe soal dan tingkat kesulitannya sesuai dengan standar UN. Selain prediksi, jangan lupa untuk melihat kisi-kisi lengkap UN. Kisi-kisi biasanya berisi kompetensi soal beserta indikatornya. Dengan adanya kisi-kisi ini tentu akan membuatmu belajar lebih efektif dan efisien untuk menghadapi UN. Selamat belajar!


pasti-bisa-lulus-un-smp-2015Kamu dapat menemukan soal latihan lengkap beserta kisi-kisi, prediksi, sampai tip dan trik cepat untuk mengerjakan UN dalam buku Pasti Bisa Lulus! UN SMP 2015 Edisi Lengkap 10 Tahun dari Supadi S.Si, M. Si, R. Maas Shobirin, S. Si, dan B. Hendro Yulianto, S. Pd ini.

supertensesSumber foto: https://flic.kr/p/81bNpM

Sebagai bahasa internasional, menguasai bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan wajib bagi tiap orang, terutama yang berhubungan dengan komunikasi antar negara. Tak jarang di Indonesia pun sudah banyak yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Anak-anak sudah mulai dikenalkan bahasa Inggris sejak dini.

Mempelajari bahasa Inggris bisa dikatakan gampang-gampang susah. Untuk menguasainya, kita harus mempelajari kunci utama dalam bahasa Inggris, yaitu tenses. Jika sudah mempelajari tenses, kita dapat dengan mudah berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Namun menguasai tenses tidaklah mudah. Bahkan sering menjadi kendala terbesar dalam belajar bahasa Inggris.

Tidak sedikit siswa sekolah yang mengeluh kesulitan ketika belajar tenses. Tidak hanya siswa, para pekerja kantoran pun masih banyak yang merasa berat ketika menggunakan tenses. Ketika dalam percakapan, mereka lebih memilih meniadakan teori yang ada dalam tenses. Padahal penggunaan tenses penting untuk pembentukan kalimat yang baik dan benar.

Berdasarkan permasalahan di atas, kini muncul beragam metode untuk mempercepat dan mempermudah penguasaan tentang tenses, salah satunya adalah SUPERTENSES. Metode ini menitikberatkan pada bagaimana menguasai tenses secara komprehensif dari menyebutkan nama-nama tenses berdasarkan kelompoknya, arti dan kegunaan masing-masing tenses, serta bagaimana aplikasinya dalam berbagai kalimat.

Metode SUPERTENSES ini ditemukan oleh Adri Yanto atau yang dikenal dengan nama Mr. Q. Bersama konsultan pendidikan bahasa Inggris, Gatot Sandy Purnomo, mereka merumuskan SUPERTENSES dalam sebuah buku. Buku SUPERTENSES: Metode Cepat Menguasai 16 Tenses ini memberikan gambaran yang menunjukkan bahwa penguasaan tenses akan membantu mempercepat memahami aturan-aturan tata bahasa yang lain seperti: bagaimana membuat kalimat aktif dan pasif (active and passive voice), kalimat langsung dan tidak langsung (direct and indirect speech), kalimat perintah dan permintaan (command and request), kalimat pengandaian (conditional sentences), kalimat pertanyaan, dan lain sebagainya.

Dengan metode SUPERTENSES, kita dapat menguasai tenses dalam waktu cepat dan mudah. Selain itu, kita juga dapat lancar berbicara dan menulis menggunakan bahasa Inggris dengan benar. Selamat belajar!


supertenses 1Buktikan bahwa belajar tenses itu mudah dengan metode SUPERTENSES. Buku SUPERTENSES Metode Cepat Menguasai 16 Tenses dari Adri Yanto dan Gatot Sandy Purnomo ini dapat membantumu belajar bahasa Inggris yang baik dan benar.

 

Sumber foto: https://flic.kr/p/bbAfo

Tinggal hitungan bulan lagi, kamu akan menghadapi US 2015. Apa kamu sudah belajar mempersiapkannya? Kalau belum, yuk lihat kisi-kisi soalnya!

Jika diperhatikan dengan cermat, ujian sekolah tiap tahunnya pasti ada kemiripan soal. Misalnya adanya pengulangan soal di tahun 2010 dengan tahun 2014. Kalau banyak berlatih, pasti akan sadar dan terbiasa dengan pola soalnya. Ketika pola soalnya sama, yang berbeda hanyalah angkanya. Contohnya sebagai berikut:

Soal matematika UAS 2005/2006:
– Jarak kota Cirebon dan kota Tegal pada peta 5 cm. jika skala peta 1:1.800.000, jarak sebenarnya dari kota Cirebon ke kota Tegal adalah … km.

Soal ini dapat diselesaikan dengan cara:
Diketahui:
– skala peta = 1:1.800.000
– jarak Cirebon – Tegal pada peta = 5 cm

Ditanya: jarak Cirebon – Tegal sebenarnya.
Jawab:
• Arti skala 1:1.800.000 adalah 1 cm jarak pada peta sama dengan 1.800.000 cm jarak sebenarnya
• Jika jarak pada peta 5 cm, jarak sebenarnya adalah:
5 x 1.800.000 = 9.000.000 cm
= 90 km
(1 km = 100.000 cm)

Adapun soal yang hampir sama terulang di UAS 2006/2007. Soal itu berbunyi:
– Pada peta, jarak kota Bandung dan Jakarta adalah 9 cm. Jika skala pada peta adalah 1:2.000.000, jarak sebenarnya adalah…

Soal ini dapat diselesaikan dengan cara:
Diketahui:
– jarak pada peta = 9 cm
– skala peta 1:2.000.000

Ditanya: jarak Bandung – Jakarta sebenarnya.

Jawab:
• Skala peta 1:2.000.000 berarti 1 cm pada peta sama dengan 2.000.000 cm jarak sebenarnya
• Jarak sebenarnya = 9 x 2.000.000
= 18.000.000 cm
= 180 km

Tipe soalnya hampir sama, bukan? Nah, jika kamu terus berlatih dengan soal-soal ujian terdahulu, pasti akan terbiasa dengan soal ujian baru yang akan kamu dapatkan. Semangat ya!


kisi-kisi-resmi-terbaru-us-m-sd-mi-2015Dapatkan soal latihan, kunci jawaban dan pembahasan lengkap dalam buku Kisi-kisi Resmi Terbaru US/M SD/MI 2015 oleh Istiqomah Lukito, M.Si dan Syarifudin, ST. Tersedia juga tabel matematika dan satuan ukuran untuk mempermudah kamu belajar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setiap bahasa, pasti memiliki kosakata gaul atau slang di dalamnya. Termasuk bahasa Prancis. Biasanya bahasa ini digunakan dalam percakapan sehari-hari, khususnya oleh anak muda. Seperti apa bahasa gaul Prancis itu?

Bahasa gaul Prancis terbagi menjadi tiga, le verlan, le franglais, dan l’argot. Le verlan adalah bentuk slang yang membalikkan suku kata. Pada awalnya, bahasa ini digunakan sebagai bahasa samaran antar pekerja dan imigran pada abad ke-16. Namun kini berkat penggunaannya dalam film dan musik, berbagai bentuk bahasa ini menyebar ke semua kalangan.

Contoh le verlan adalah:
Cecla [Classe] – kelas
Gnolba [Bagnole] – mobil
Jourbon [Bonjour] – selamat pagi
Sicmu [Musique] – musik
Zonmai [Maison] – rumah

Sedangkan le franglais adalah campuran dari bahasa Prancis dan Inggris. Umumnya digunakan oleh para remaja atau pelajar di Prancis, terutama jika mereka lupa beberapa kata yang diucapkan.

Contoh le franglais adalah:
J’agree – saya setuju
Je suis speed – saya terburu-buru
Je ne care pas – saya tidak peduli
Pas voir, long time – sudah lama, tak jumpa
On y go – kita pergi ke sana

prancis-1Lalu bahasa yang ketiga adalah l’argot. L’argot adalah kata baru yang terbentuk dari singkatan atau campuran dengan bahasa lain (terutama Arab). Bahasa ini terbagi menjadi Les Mots Familiérs (gaul akrab) dan Les Mots Grossiers (olok-olokan).

Contoh l’argot adalah:
Boulot – pekerjaan
Joujoux – mainan
Keum – teman
Misquina – orang miskin
Rencard – kencan

Dari ketiga bahasa ini, dapat dibuat kalimat ungkapan yang menggabungkan dua atau tiga bahasa gaul di atas. Kalimat-kalimat ini biasa digunakan untuk mengekspresikan sesuatu dalam percakapan sehari-hari. Berikut beberapa contoh kalimatnya:

C’est dans la poche – itu benar-benar nyata
Je m’en fiche – aku tak peduli
Je te kiffe – aku sayang kamu
Quoi de neuf? – ada apa?
Pas se frotter – jangan bertengkar

Ketiga bahasa ini dapat Anda gunakan saat mengobrol santai dengan orang lain, supaya lebih terkesan akrab. Bon Courage!

 


cas-cis-cus-lancar-bhs-prancis-tanpa-kursusBahasa gaul Prancis ini dapat ditemukan dalam buku Cas Cis Cus Lancar Bahasa Prancis tanpa Kursus oleh Mutia Zata Yumni. Tidak hanya bahasa gaul, percakapan sehari-hari beserta pengetahuan unik tentang negara Prancis dapat Anda pelajari di buku ini. Buku ini juga menyediakan CD audio dari penutur asli (natif locuteur) untuk membantu pengucapan yang benar.

Header-Kabah

Ibadah haji dan umrah merupakan dambaan setiap muslim.  Dan setiap tahunnya, jamaah asal Indonesia mengunjungi Baitullah. Bagi yang sudah pergi lebih dari sekali mungkin sudah hafal dengan kondisi Mekah dan Madinah. Bagi pemula, sekarang tidak perlu khawatir karena banyak sekali panduan dan tata cara berhaji dan umrah yang bertebaran melalui buku dan internet. Mulai dari syarat, rukun, wajib, hukum, hingga kumpulan do’a-do’a mustajab saat berhaji dan umrah.

Namun bukan hanya persiapan ruhani saja yang dipertimbangkan, fisik pun harus prima mulai sebelum berangkat, selama di pesawat, dan saat di tanah suci.  Berikut tip agar perjalanan ibadah Anda senantiasa bugar:

Sebelum Berangkat:

  • Istirahat yang cukup beberapa hari sebelum keberangkatan. Bila Anda seorang karyawan, cutilah dari pekerjaan dan sampaikan bahwa Anda sedang dalam persiapan untuk berangkat haji atau umrah.
  • Persiapkan obat-obatan pribadi untuk melengkapi obat yang sudah disediakan tim medis. Jangan lupa untuk menyediakan krim pelembab agar kulit tidak kering dan pecah-pecah selama cuaca di tanah suci.

Selama di Pesawat:

  • Gunakan waktu istirahat secukupnya ketika dalam pesawat.
  • Jangan biarkan perut dalam keadaan kosong karena akan mudah diserang penyakit. Makan dan minumlah secukupnya.
  • Bagi yang suka mabuk udara, persiapkan obat-obat pribadi dalam kabin. Bila perlu siapkan kantung plastik untuk berjaga-jaga.
  • Selalu menjaga kebersihan selama di pesawat maupun saat transit.
  • Hubungi tim dokter ketika sakit.

Saat di Tanah Suci:

  • Sebelum puncak haji, istirahatlah yang cukup dan konsumsi makanan bergizi.
  • Perbanyak minum air putih minimal 5 liter atau 1 gelas setiap jamnya untuk menghindari dehidrasi.
  • Jangan lupa untuk makan sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti jeruk, apel, kiwi, dan pir. Selain menjaga kebutuhan cairan tubuh, buah-buahan ini juga dapat menambah kalori dan vitamin.
  • Menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sikat gigi setelah selesai makan, perhatikan kebersihan wastafel.
  • Memperhatikan kebersihan pakaian dan alat cukur yang digunakan saat tahallul.
  • Pastikan cahaya matahari dan sirkulasi udara tetap bisa masuk ke ruangan tempat Anda menginap.
  • Ruangan kamar harus bersih dan barang-barang ditata dengan rapi.

 

panduan-doa-dzikir-haji--umrahCukup banyak buku yang memuat panduan do’a dan dzikir untuk ibadah haji dan umrah. Namun masih jarang yang menyertakannya dengan tambahan tip khusus mulai dari hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat, cara menjaga stamina selama di pesawat, memilih taksi di Mekah, hingga tip paling sederhana: menyimpan sandal. Semua dibahas dalam buku berjudul “Panduan Do’a-Dzikir Haji & Umrah” yang ditulis oleh H. Deden Hafid Usman, H. Amirulloh Syarbini, dan Hj. Lis Nur’aeni.

beli

Header-Kalimat-Inggris

Untuk menyusun kalimat dalam bahasa Inggris, hal pertama  yang perlu diperhatikan adalah membedakan antara kalimat nominal dan kalimat verbal.  Kalimat nominal tidak memiliki kata kerja,  sedangkan kalimat verbal memiliki kata kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Simak uraian di bawah ini:

–    Kalimat nominalThey are singers. [Mereka adalah penyanyi.]

Are adalah kata penghubung antara kata benda (singers) dan subjek (they). Biasanya kalimat penghubung ini selain are ada juga am dan is. Kata penghubung ini disebut to be.  Fungsinya adalah selain menyatukan kata benda, juga menjelaskan sifat dari kata benda tersebut.

–    Kalimat verbalThey bring book. [Mereka membawa buku.]

Bring merupakan kata kerja atau disebut action verb yang memiliki fungsi menjelaskan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek (they) pada kalimat di atas.

Catatan penting dari dua contoh kalimat di atas adalah bahwa dalam menyusun kalimat berbahasa Inggris harus menyertakan to be atau action verb.  Perhatikan pasangan subjek beserta to be berikut:

TO BE

SUBJECT

PRESENT TENSE

PAST TENSE

I

am

was

she

is

was

he

is

was

it

is

was

they

are

were

we

are

were

you

are

were

Setelah memahami cara membuat kalimat di atas, Anda dapat mengembangkan kalimat tersebut menjadi kalimat negative dan interrogative (pertanyaan).

–    Kalimat negativeThey are not singers. (Mereka bukan penyanyi.)
–    Kalimat negativeThey don’t bring book. (Mereka tidak membawa buku.)

Agar menjadi kalimat negative, cukup tambahkan not setelah auxiliary verbs, yakni kata kerja bantu yang secara gramatikal berfungsi membentuk atau memberi tambahan arti pada kalimat. Ada tiga auxiliary verbs: to be, to do, dan to have.

–    Kalimat InterrogativeAre they singers? (Apakah mereka penyanyi?)
–    Kalimat InterrogativeDo they bring book? (Apakah mereka membawa buku?)

Untuk kalimat interrogative, kalimat nominal harus meletakkan to be di depan kalimat. Sementara untuk kalimat verbal, auxiliary verb do yang diletakkan di depan kalimat.

Langkah-langkah di atas merupakan cara yang paling sederhana untuk membuat kalimat dalam bahasa Inggris. Jika Anda melakukannya secara konsisten sebagai latihan, bukan hal mustahil akan mendapatkan hasil yang memuaskan.  Anda juga dapat mengubah kosakata dan pola tenses-nya. Rajin bereksperimen dalam belajar akan membuat bahasa Inggris menjadi hal yang mudah dan menyenangkan.

Source image: https://flic.kr/p/8H8XRh


smart-grammarDapatkan panduan belajar bahasa Inggris dengan cepat melalui buku “Smart Grammar” yang ditulis oleh Jerry Mahas. Buku ini berisi pengenalan komponen bahasa, cara membuat kalimat, mengenal dan memahami parts of speech,  langkah mempelajari tenses, dan mengenal seluk beluk gerund dan infinitive. Buku ini juga didukung beberapa contoh latihan agar pembaca menjadi mahir.

beli