Selain dengan buku, orangtua yang memiliki anak-anak usia 5 hingga 11 tahun, bisa menstimulus mereka dengan poster edukasi. Lewat media poster orang tua atau guru bisa lebih mudah mengajak dan menunjukkan aneka tema belajar untuk anak. Maka jangan ragu untuk menempelkan poster di dinding kamar mereka.

Sejak dahulu, khususnya di bidang pendidikan, poster dimanfaatkan sebagai media belajar yang memiliki kekuatan efektif dalam menyampaikan pesan dan informasi. Hasil rancangan visual dengan paduan gambar, teks, dan diagram, menghasilkan ringkasan peta belajar yang efektif.

Mata anak-anak lebih banyak tertarik dengan gambar dan teks serta penjelasan yang sederhana. Mata anak balita hingga usia sebelas tahun dirasa lebih tertarik dengan media visual yang menempel di dinding. Tujuannya agar anak lebih paham dan hafal apa yang ada dalam informasi yang tertera di poster. Sebab dengan menempelkan poster secara regular di ruangan atau kamar anak, tidak terasa anak akan mudah melihat dan tanpa terasa sebagai sebuah pembelajaran.

Poster bukan saja memudahkan dan membantu saat mengajar, di sisi guru atau orang tua, untuk menunjukan gambar dan menyampaikan data informasi. Visualisasi poster, di sisi lain soal informasi singkat, terkadang bisa memancing anak-anak bertanya dan berpikir kritis. Di sini komunikasi dan bonding antara orangtua dan anak bisa hadir.

Agar tercapai tujuan, informasi dalam sebuah poster, maka poster perlu mengikuti kaidah standard seperti visual dan desain yang menarik disesuaikan dengan tingkatan usia. Selain itu poster perlu, informasi disampaikan dengan ringkas, padat, dan jelas. Memilih bahasa sesuai tingkatan usia peserta didik.

Berikut rujukan empat poster yang bertujuan mengajarkan praktik belajar membaca huruf hijaiyah, doa harian, tata cara berwudhu, dan tata cara shalat. Keempat poster ini disusun memudahkan orangtua dan guru mengajarkan ibadah dan doa untuk anak usia di bawah 12 tahun.

Smart Poster Huruf Hijayah

Untuk mendampingi dan membantu praktik belajar membaca Al Quran, huruf Hijaiyah wajib diperkenalkan dan dihafalkan. Metode yang banyak, salah satunya dengan media poster. Dalam poster ini ditunjukan urutan dan bentuk-bentuk huruf sebagai alat raga dan membantu anak menghafalkan Hijaiyah agar lebih mudah, menyenangkan, dan disertai cara melafalkan.  

Smart Poster Doa Harian Anak Muslim

Praktik rutin doa penting diperkenalkan untuk anak sejak dini. Segala aktivitas, sebelum dan sesudah, akan lebih baik jika diiringi doa. Poster ini membantu anak, agar tidak lupa pada hafalan doa harian, seperti doa keluar rumah, doa masuk ke dalam rumah, doa sebelum makan, doa untuk orangtua, dan lainnya.

Smart Poster Tata Cara Wudhu

Mengenalkan konsep dan praktik membersihkan hadas kecil dengan berwudhu kepada anak sebelum shalat dan membangun kebiasaan bersuci kelak hingga mereka dewasa. Lewat poster ini, anak diperlihatkan tata cara berwudhu dengan Smart Poster. Disajikan dengan desain dan visual yang menyenangkan dan dekat dengan anak. Pas dipajang di kamar anak, mushola rumah, atau ruang kelas.

Smart Poster Tata Cara Shalat

Poster ini wajib dimiliki, berisi tata cara shalat, dengan ilustrasi visual yang berwarna. Ada 11 rukun shalat dalam smart poster. Dari niat hingga salam digambarkan dengan karakter yang dekat dengan anak-anak. 

Nah, ayah bunda, keempat seri Smart Poster di atas yang diterbitkan oleh Ruang Kata ini bisa didapatkan di toko buku Gramedia terdekat dan toko buku daring langganan ayah dan bunda. Hiasi dan luangkan waktu belajar bersama anak dengan media smart poster. Salam edukasi.

smart poster untuk anak muslim
Smart Poster Anak Muslim dari penerbit Ruang Kata

Leave your comment

<

Your email address will not be published.