strategi-sukses-skor-toefl-2Skor TOEFL dijadikan barometer kemampuan bahasa Inggris seseorang sebagai persyaratan yang biasanya diwajibkan, di antaranya bagi calon mahasiswa S2 atau S3, calon penerima beasiswa, dan pelamar perusahaan internasional. Untuk mendapatkan skor tertentu, mulai dari skor 330 — 667, Anda harus dapat menjawab soal-soal tes dengan benar, baik listening, structure, maupun reading.

Karenanya, selain menguasai materi, Anda juga harus memiliki strategi tepat menghadapi tes TOEFL. Strategi ini meliputi, berlatih mengerjakan soal-soal TOEFL, mengerti tipe-tipe soal, dan teknik menjawab soal dengan benar. Pengalaman telah membuktikan bahwa kesungguhan seseorang berlatih mengerjakan soal-soal TOEFL dapat meningkatkan skor TOEFL. Artinya, ketepatan menjawab soal-soal TOEFL semakin tajam karena telah terasah oleh latihan tersebut.

Sedangkan tipe-tipenya, ada beberapa tipe pada masing-masing jenis tes. Misalnya, pada jenis soal listening, terdapat tiga tipe soal, yaitu short dialogue, longer conversation, dan talks. Short dialogue berisi 30 soal percakapan singkat. Longer conversation berisi 8 soal percakapan lebih panjang. Sedangkan, talks berisi 12 soal listening penjelasan tema tertentu.

Bagaimana cara menjawabnya dengan baik dan benar? Pada tipe soal listening short dialogue, ada 13 strategi yang harus Anda kuasai. Di antaranya fokus pada baris terakhir, memilih jawaban yang bersinonim dengan kata kunci, menghindari bunyi yang sama dengan kata kunci, membuat kesimpulan tentang siapa, apa, dan di mana, memperhatikan jenis kalimatnya (pasif atau aktif), dan memperhatikan ungkapan negatif yang digunakan.

Untuk penjelasannya, dapatkan selengkapnya di dalam buku “Break Down! Soal-soal TOEFL” terbitan RuangKata. Buku yang ditulis oleh Eka Rahmat Fauzy, Fauzi Yudiashari, dan Lidya Cristina ini berisi kelengkapan yang Anda butuhkan untuk menembus skor tinggi dalam tes TOEFL, yaitu memuat:

  • Informasi seputar TOEFL. Mulai dari jenis-jenis TOEFL hingga cara menghitung skor.
  • Tipe-tipe soal TOEFL. Mulai dari tipe soal listening comprehension, structure and written expression, hingga reading comprehension.
  • Strategi menjawab soal. Berupa  tips dan trik cara cepat dan tepat menjawab soal, berdasarkan tipe-tipe soal yang diujikan.
  • Uraian materi. Pembahasan tuntas hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek kemampuan bahasa Inggris (English grammar), lengkap dengan ragam contoh soal.
  • Simulasi tes dan latihan soal. Soal-soal asli TOEFL, lengkap dengan jawaban dan pembahasannya sebagai sarana latihan dan mengenali soal-soal yang diujikan.
  • Practice test. Terdapat tiga paket soal, lengkap dengan kunci jawabannya sebagai persiapan secara mandiri sebelum mengikuti tes TOEFL sesungguhnya.
  • Ragam vocabulary. Untuk penguasaan kosakata yang cukup.
  • CD listening. Untuk menjawab soal-soal listening, disertakan CD audio yang diisi oleh Native Speaker. Ini penting untuk melatih kemampuan mendengarkan dan melatih pronunciation.

 

Leave your comment

<

Your email address will not be published.