Setiap orang ingin disayang Allah dan sesama manusia. Jika hal ini sudah terwujud, limpahan kebahagiaan akan menyertainya, baik di dunia maupun di akhirat. Setiap doa yang kita panjatkan, Allah akan mengabulkannya asalkan di dalamnya ada kebaikan dan kemaslahatan baginya. Bagaimana caranya agar kita disayang Allah dan umat manusia?

Caranya dengan mengamalkan pesan-pesan Rasulullah saw. Pesan-pesan tersebut berupa akhlak terpuji, baik kepada sesama makhluk (hablum minannaas) maupun kepada Allah (hablum minallah). Selain akan mendapatkan pahala, juga dapat memperoleh manfaat, hikmah, dan keutamaan lainnya di dunia ini. Sebaliknya, bagi yang melanggar pesan-pesan tersebut, pelakunya akan mendapatkan dosa dan mendapatkan akibat kurang baik di dunia.

Salah satu pesan Rasulullah yang harus kita amalkan adalah tidak boleh mencela. Hal ini sebagaimana sabda beliau di dalam haditsnya. “Mencela orang muslim itu sebagai suatu kefasikan, sedang membunuhnya adalah sebagai kekufuran.” (HR. Muttafaqun ‘alaih)

Ketika mencela seorang muslim, selain mendapatkan dosa, tentu kita juga akan dibenci dan berakibat permusuhan dari orang yang kita cela. Ini adalah akibat buruk bagi seorang pencela. Setiap pencela tidak akan dikasihi oleh sesamanya. Berikut ini di antaranya beberapa hal yang tidak boleh kita cela.

– Jangan mencela waktu. Mencelanya, berarti kita juga mencela sang pembuat waktu, yakni Allah SWT.
– Jangan mencela penyakit. Sebaliknya, jika kita bersabar dengan penyakit itu, ia akan membersihkan kita dari dosa-dosa kecil.
– Jangan mencela binatang, karena ia adalah ciptaan Allah yang banyak membantu meringankan pekerjaan di dunia dan di akhirat.
– Jangan mencela ayam jantan, karena ia berkokok ikut membantu membangunkan orang beribadah pada saat malam dan di waktu subuh.
– Jangan mencela angin, karena ia berhembus atas perintah Allah.  Angin berguna untuk kehidupan, menggerakkan perahu nelayan, menggerakkan kincir angin, dan lain-lain.
– Jangan mencela orang muslim, karena mencela seorang muslim dengan cara tidak benar termasuk perbuatan haram.

Menanamkan pesan-pesan Rasulullah harus sudah dilakukan sejak dini kepada anak. Pesan-pesan tersebut menjadi pendidikan karakter yang sangat terpuji sehingga mereka dapat menjadi pribadi muslim yang sempurna (insanul kamil). Disebut sempurna karena selain memiliki akhlak yang terpuji kepada Allah, juga terhadap sesama makhluk, serta memiliki kecerdasan emosional, spiritual, dan kecerdasan intelegensi.

Buku 77 Pesan Nabi untuk Anak Muslim karya Abu Alkindie Ruhul Ihsan & Abu Azka ini dapat Anda pergunakan untuk kebutuhan sebagaimana dijelaskan di atas. Dapat dipergunakan sebagai sarana pendidikan karakter yang tepat untuk mencetak anak muslim yang cerdas dan berakhlak terpuji. Selain berisi 77 hadits pilihan, dilengkapi pula dengan ensiklopedia ilmu, kisah-kisah menakjubkan, pesan moral, doa-doa harian anak muslim, praktik ibadah anak pilihan, kamus visual 3 bahasa (Arab, Indonesia, dan Inggris), kisah 25 nabi dan rasul, serta kisah 10 malaikat.


Baca Juga:

–  Menciptakan Generasi Islam Sesuai Konsep Rasulullah
–  Mencetak Anak Shaleh Melalui Kisah Teladan dan Pesan Rasulullah
–  Mencetak Anak Cerdas Qur`ani

 

 

Leave your comment

<

Your email address will not be published.