pasti-un-head

 Sumber foto: https://flic.kr/p/d1NJa

Tidak terasa dalam waktu beberapa bulan ke depan, kita akan masuk tahun 2015. Bagi kamu yang sedang duduk di bangku SMP kelas 3, Ujian Nasional atau UN akan segera dilaksanakan. Apa kamu sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi UN 2015?

Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri menuju UN. Mulai dari mengerjakan soal latihan, belajar kelompok, mengikuti les atau bimbingan belajar, sampai menambah jam belajar di sekolah. Semua itu biasa dilakukan pada siswa sekolah yang ingin memiliki nilai bagus saat UN. Ketika hasil bagus yang didapat, tentu kamu bisa dengan mudah masuk SMA unggulan pilihanmu.

Salah satu cara mempersiapkan diri yang paling mudah adalah mengerjakan soal latihan, terutama soal yang diambil dari UN terdahulu. Ingat, soal yang hadir dalam UN mendatang adalah tipe soal yang sudah pernah hadir dalam UN tahun sebelumnya. Karakteristik soal UN memang berulang dan tidak jauh berbeda. Jadi jika kamu sering berlatih dengan soal-soal UN terdahulu, ke depannya kamu tidak akan kesulitan lagi menghadapi soal UN 2015.

Ketika kamu berlatih dengan buku latihan soal, pastikan buku tersebut memiliki kunci jawaban dengan penjelasan yang lengkap dan mudah dipahami. Jika mengerjakan soal matematika, pastikan terdapat rumus yang jelas dalam kunci jawabannya. Hal itu tentu akan memudahkan kamu memahami tipe soal-soal UN.

Jangan lupa untuk melatih dirimu untuk mengerjakan soal dengan tenggat waktu. Saat mengerjakan UN, kamu membutuhkan strategi cepat dan tepat dalam menjawab soal. Hal ini dikarenakan waktu yang diberikan saat UN sangat terbatas. Dengan jumlah soal 40 atau 50 dan waktu pengerjaan selama 120 menit, maka rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menjawab satu soal adalah 2 – 3 menit.

Lihat juga prediksi soal UN yang kira-kira akan keluar nanti. Di dalam prediksi UN biasanya akan memuat tipe soal dan tingkat kesulitannya sesuai dengan standar UN. Selain prediksi, jangan lupa untuk melihat kisi-kisi lengkap UN. Kisi-kisi biasanya berisi kompetensi soal beserta indikatornya. Dengan adanya kisi-kisi ini tentu akan membuatmu belajar lebih efektif dan efisien untuk menghadapi UN. Selamat belajar!


pasti-bisa-lulus-un-smp-2015Kamu dapat menemukan soal latihan lengkap beserta kisi-kisi, prediksi, sampai tip dan trik cepat untuk mengerjakan UN dalam buku Pasti Bisa Lulus! UN SMP 2015 Edisi Lengkap 10 Tahun dari Supadi S.Si, M. Si, R. Maas Shobirin, S. Si, dan B. Hendro Yulianto, S. Pd ini.

Leave your comment

<

Your email address will not be published.