Setiap ciri dan perbedaan memiliki arti dan tujuan tertentu, misalnya huruf kapital, tanda koma, titik koma, dan huruf miring.

EYD mutlak dibutuhkan dalam karya tulis ilmiah atau forum resmi. Fungsi EYD di antaranya digunakan sebagai pemersatu bangsa, menunjukkan kekhasan dari bahasa lainnya, tolak ukur benar dan tidaknya pemakaian bahasa seseorang, dan menyaring masuknya unsur-unsur bahasa lain ke dalam bahasa Indonesia. Keteraturan penggunaan bahasa Indonesia menjadi sebuah identitas yang harus selalu dijaga. Semakin kuat penggunaan bahasa Indonesia, akan semakin kuat pula nilainya di dunia internasional.

Untuk mengetahui pedoman EYD dan seputar tata bahasa Indonesia ini, Ruang Kata telah menerbitkan buku “EYD Ejaan yang Disempurnakan & Seputar Kebahasa-Indonesiaan”. Buku ini disusun oleh Ernawati Waridah yang akan membantu Anda mempelajari dan mengatasi berbagai kesulitan berbahasa Indonesia secara baik dan benar. Buku ini sangat mudah dan praktis digunakan sebagai panduan tata bahasa untuk berbagai kepentingan, seperti karya tulis ilmiah dan skripsi.

Selain berisi Ejaan yang Disempurnakan (EYD), dilengkapi pula dengan pedoman umum pembentukan istilah, pedoman pembentukan istilah komputer, singkatan dan akronim, kata baku dan tidak baku, jenis dan makna kata, gaya bahasa (majas), pantun dan peribahasa, dan lain-lain. Buku dapat dipergunakan oleh pelajar, guru, mahasiswa, dan pemakai bahasa Indonesia pada umumnya.

 

Leave your comment

Your email address will not be published.