Memberikan pengajaran akhlak melalui kisah-kisah teladan akan sangat bermanfaat bagi perkembangan kepribadian setiap anak. Kisah-kisah tersebut akan membangkitkan keinginan dalam diri si anak secara alamiah untuk meniru dan meneladaninya. Misalnya tentang kisah-kisah kedermawanan, kekhusyukan beribadah, keikhlasan beramal, kecintaan kepada Allah dan Rasulullah, kesederhanaan, berbakti kepada orangtua, dan lain sebagainya.

Akan sangat disayangkan, jika anak-anak muslim pada zaman sekarang lebih sering menonton atau mendengar tentang kisah-kisah keburukan yang tidak mengandung hikmah positif. Misalnya melalui tontonan televisi yang berisi film-film kartun impor atau drama-drama serial yang tidak mendidik yang semakin hari semakin memprihatinkan. Setiap tontonan yang bermuatan negatif, akan sangat membekas pula di dalam otak si anak. Tentu hal ini akan berdampak buruk bagi perkembangan kepribadian dan akhlaknya kelak. Mereka bisa saja dapat meniru hal-hal negatif yang telah mereka tonton tersebut.

Di sinilah saatnya orangtua atau pendidik yang harus berperan dalam memberikan masukan-masukan positif bagi perkembangan kepribadian anak. Bacaan yang positif berupa kisah-kisah keteladanan para rasul, nabi, shahabat, ulama, dan orang-orang shaleh menjadi solusi yang sangat tepat untuk diterapkan. Akan lebih optimal lagi jika diintegrasikan lagi dengan metode pengajaran secara demonstratif dan aplikatif, misalnya dibacakan langsung secara apresiatif, dibuat drama singkat di ruang kelas, atau diberikan pekerjaan rumah untuk melakukan tugas tertentu sesuai pesan moral yang terdapat di dalam suatu kisah keteladanan tertentu.

Paling tidak, ada dua hikmah dari pelajaran yang diambil dari kisah-kisah tersebut. Pertama, agar ikut mencontoh keteladanan berupa akhlakul karimah yang membawa manfaat dan pahala dari Allah SWT. Kedua, menjauhi hal-hal buruk berupa perbuatan dosa dan kesalahan yang dilarang Allah SWT. Pada akhirnya, akan menciptakan seorang anak dengan kepribadian yang lebih mudah mengantarkannya ke jalan takwa. Bekal keshalehan yang didapatkannya ketika masa  kanak-kanak sangat penting untuk menjadi seorang mukmin dengan predikat insan kamil.

Abu Alkindie Ruhul Ihsan & Abu Azka telah menyusun bukunya untuk Anda pergunakan bagi anak-anak Anda sesuai dengan konsep di atas, yaitu buku “77 Pesan Nabi untuk Anak Muslim”. Buku ini tidak hanya berisi kisah-kisah teladan anak muslim, tapi juga dilengkapi dengan 77 pesan Rasulullah dari hadits-hadits pilihan, ensiklopedia ilmu Islam, kamus visual 3 bahasa (Arab – Indonesia – Inggris), kisah 25 nabi dan rasul, doa-doa harian anak muslim, kisah 10 malaikat, dan praktik ibadah anak muslim.

Buku terbitan RuangKata ini memiliki kelengkapan dan kelebihan dari buku-buku sejenis yang sudah beredar sehingga Anda dapat menerapkannya kepada anak secara lebih sempurna juga. Penulis sengaja menyusun buku ini selain agar dapat bermanfaat dalam pendidikan akhlak dan ilmu Islam, tapi juga sengaja dibuat semenarik mungkin agar anak lebih menyukainya.

 

Leave your comment

<

Your email address will not be published.