variasi-rangkaian-nama-bayiNama yang indah dan baik tidak hanya akan menambah keistimewaan di mata manusia, tapi juga di hadapan Allah SWT. Nama mengandung doa bagi setiap pemiliknya. Kelak di akhirat, dengan nama itu pula setiap pribadi akan dipanggil. Alangkah malu dan meruginya jika kita mendapatkan panggilan nama yang buruk.

Oleh sebab itu, setiap orangtua diberikan kewajiban untuk memberikan nama bagi setiap anak kesayangannya dengan memilihkan dan merangkaikan nama Islami dan indah. Sebagaimana sabda Rasulullah saw, “… Baguskanlah nama-namamu.” Untuk memilih dan menentukannya diberlakukan beberapa aturan yang harus diperhatikan.

Di antaranya, tidak boleh menggunakan nama-nama Allah, kecuali didahului oleh kata ‘abdun…’ sehingga didahului oleh kata yang mengandung arti ‘hamba…’. Misalnya, Abdullah (hamba Allah) dan Abdurrahman (hamba Yang Maha Pengasih).  Kita juga dilarang menggunakan nama-nama yang disembah selain Allah, seperti Uza, Lata, Abdul Ka’bah, dan Abdun Nabi. Pilihan nama terbaik yang dapat Anda pilih di antaranya yang mengandung makna penghambaan dan pujian.

Di dalam buku “Variasi Nama Bayi Islami Terbaik Indah, Berkah, dan Bermakna” disebutkan ada tujuh pola pembuatan nama, seperti pola alam karim dengan memberikan nama hanya dengan sebuah nama panggilan, pola alam karim + alam karim dengan menggabungkan dua nama panggilan, pola alam kunyah yaitu dengan memberi nama bentuk samaran/gelar untuk menutupi nama aslinya.

Lebih jelasnya lagi dan untuk mendapatkan semua kelengkapan dan kemudahannya, silakan baca buku yang ditulis oleh Ust. K. Akbar Saman ini. Buku ini berisi nama-nama bayi Islami pilihan beserta rangkaiannya untuk bayi laki-laki dan perempuan, nama-nama Allah SWT, nama-nama nabi, dan Rasulullah saw. Selain itu, dilengkapi dengan pebahasan lainnya, mulai dari tata cara pemberian nama, yang berhak memberi nama, cara menetapkan nama, etika menggunakan nama Allah, pola pembuatan nama, hingga kumpulan doa agar mendapatkan anak shaleh.

Leave your comment

<

Your email address will not be published.