Melodi dan improvisasi dapat dimainkan secara tunggal (solois) dengan alat musik piano, gitar, biola, keyboard, atau saxophome. Di dalam memainkan improvisasi, seseorang dituntut untuk mengemas notasi melodi lagu aslinya dengan berbagai macam teknik, sehingga notasi yang dihasilkan lebih variatif, inovatif, serta dapat membangun dan memengaruhi emosi pendengar atau yang melihatnya. Dengan demikian, akan terjalin komunikasi dua arah antara pemain dan pendengarnya.

Improvisasi bukanlah permainan yang sulit dipelajari. Biasanya, kesulitan dalam menguasai melodi maupun improvisasi disebabkan kurangnya latihan dan dalam bermain lebih mengutamakan permainan notasi dengan kecepatan tinggi atau penggunaan efek yang berlebihan. Jadi dalam hal ini tidak mengedepankan segi-segi harmoni, termasuk isi notasi yang dimainkannya dapat dinikmati oleh orang awam atau tidak.

Improvisasi bukan hanya memainkan notasi dan menunjukkan keahlian memainkan alat musik, tetapi yang lebih penting adalah seberapa lengkap materi (isi) yang digunakan di dalam improvisasi tersebut, sehingga pendengar pun akan ‘hanyut’ bersama dengan materi yang disampaikan.

Bermain improvisasi belum bisa disebut pemain improvisasi (improvisator). Namun, bermain improvisasi adalah tahapan untuk bisa memainkan notasi-notasi yang berbeda dengan melodi lagu aslinya. Seseorang dapat dikatakan sebagai improvisator jika ia telah memahami dan mampu memainkan notasi-notasi di luar melodi lagu aslinya dengan menyertakan berbagai unsur yang terkandung di dalamnya.

Menguasai melodi dan improvisasi merupakan tahap lanjutan setelah Anda bisa memainkan gitar. Seseorang merasa belum puas jika tidak menguasai melodi maupun improvisasi. Tapi terkadang muncul pertanyaan, gimana sih teknik memainkan melodi dan improvisasi gitar yang benar? Ada gak cara cepat menguasainya? Jika Anda salah satunya yang mengatakan, buku  “Teknik Tercepat Belajar Bermain Melodi dan Improvisasi Gitar” karya Hendro S.D. inilah jawabannya.

Buku ini mengajak Anda belajar cepat memainkan melodi dan improvisasi dengan menggunakan teknik komposisi, pengembangan akor, dan memodifikasi atau menggabungkan berbagai notasi akor sebagai materi bermain melodi dan improvisasi pada berbagai jenis musik. Dibahas secara lengkap dan lebih menonjolkan praktek daripada teori, sehingga lebih memudahkan. Kuasai, praktekkan, dan tingkatkan skill permainan gitar Anda, sebab hanya dengan praktiklah Anda bisa menjadi seorang gitaris andal dan berada di jajaran terdepan.

Selain itu, Buku terbitan Ruang Kata ini berisi cara cepat belajar memainkan melodi dan improvisasi pada gitar. Di dalamnya disertakan tablatur, partitur, dan pendekatan praktek, sehingga memudahkan Anda berlatih dan mempelajarinya.

Leave your comment

<

Your email address will not be published.