Header-Kalimat-Inggris

Untuk menyusun kalimat dalam bahasa Inggris, hal pertama  yang perlu diperhatikan adalah membedakan antara kalimat nominal dan kalimat verbal.  Kalimat nominal tidak memiliki kata kerja,  sedangkan kalimat verbal memiliki kata kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Simak uraian di bawah ini:

–    Kalimat nominalThey are singers. [Mereka adalah penyanyi.]

Are adalah kata penghubung antara kata benda (singers) dan subjek (they). Biasanya kalimat penghubung ini selain are ada juga am dan is. Kata penghubung ini disebut to be.  Fungsinya adalah selain menyatukan kata benda, juga menjelaskan sifat dari kata benda tersebut.

–    Kalimat verbalThey bring book. [Mereka membawa buku.]

Bring merupakan kata kerja atau disebut action verb yang memiliki fungsi menjelaskan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek (they) pada kalimat di atas.

Catatan penting dari dua contoh kalimat di atas adalah bahwa dalam menyusun kalimat berbahasa Inggris harus menyertakan to be atau action verb.  Perhatikan pasangan subjek beserta to be berikut:

TO BE

SUBJECT

PRESENT TENSE

PAST TENSE

I

am

was

she

is

was

he

is

was

it

is

was

they

are

were

we

are

were

you

are

were

Setelah memahami cara membuat kalimat di atas, Anda dapat mengembangkan kalimat tersebut menjadi kalimat negative dan interrogative (pertanyaan).

–    Kalimat negativeThey are not singers. (Mereka bukan penyanyi.)
–    Kalimat negativeThey don’t bring book. (Mereka tidak membawa buku.)

Agar menjadi kalimat negative, cukup tambahkan not setelah auxiliary verbs, yakni kata kerja bantu yang secara gramatikal berfungsi membentuk atau memberi tambahan arti pada kalimat. Ada tiga auxiliary verbs: to be, to do, dan to have.

–    Kalimat InterrogativeAre they singers? (Apakah mereka penyanyi?)
–    Kalimat InterrogativeDo they bring book? (Apakah mereka membawa buku?)

Untuk kalimat interrogative, kalimat nominal harus meletakkan to be di depan kalimat. Sementara untuk kalimat verbal, auxiliary verb do yang diletakkan di depan kalimat.

Langkah-langkah di atas merupakan cara yang paling sederhana untuk membuat kalimat dalam bahasa Inggris. Jika Anda melakukannya secara konsisten sebagai latihan, bukan hal mustahil akan mendapatkan hasil yang memuaskan.  Anda juga dapat mengubah kosakata dan pola tenses-nya. Rajin bereksperimen dalam belajar akan membuat bahasa Inggris menjadi hal yang mudah dan menyenangkan.

Source image: https://flic.kr/p/8H8XRh


smart-grammarDapatkan panduan belajar bahasa Inggris dengan cepat melalui buku “Smart Grammar” yang ditulis oleh Jerry Mahas. Buku ini berisi pengenalan komponen bahasa, cara membuat kalimat, mengenal dan memahami parts of speech,  langkah mempelajari tenses, dan mengenal seluk beluk gerund dan infinitive. Buku ini juga didukung beberapa contoh latihan agar pembaca menjadi mahir.

beli

Leave your comment

Your email address will not be published.