Setiap bahasa, pasti memiliki kosakata gaul atau slang di dalamnya. Termasuk bahasa Prancis. Biasanya bahasa ini digunakan dalam percakapan sehari-hari, khususnya oleh anak muda. Seperti apa bahasa gaul Prancis itu?

Bahasa gaul Prancis terbagi menjadi tiga, le verlan, le franglais, dan l’argot. Le verlan adalah bentuk slang yang membalikkan suku kata. Pada awalnya, bahasa ini digunakan sebagai bahasa samaran antar pekerja dan imigran pada abad ke-16. Namun kini berkat penggunaannya dalam film dan musik, berbagai bentuk bahasa ini menyebar ke semua kalangan.

Contoh le verlan adalah:
Cecla [Classe] – kelas
Gnolba [Bagnole] – mobil
Jourbon [Bonjour] – selamat pagi
Sicmu [Musique] – musik
Zonmai [Maison] – rumah

Sedangkan le franglais adalah campuran dari bahasa Prancis dan Inggris. Umumnya digunakan oleh para remaja atau pelajar di Prancis, terutama jika mereka lupa beberapa kata yang diucapkan.

Contoh le franglais adalah:
J’agree – saya setuju
Je suis speed – saya terburu-buru
Je ne care pas – saya tidak peduli
Pas voir, long time – sudah lama, tak jumpa
On y go – kita pergi ke sana

prancis-1Lalu bahasa yang ketiga adalah l’argot. L’argot adalah kata baru yang terbentuk dari singkatan atau campuran dengan bahasa lain (terutama Arab). Bahasa ini terbagi menjadi Les Mots Familiérs (gaul akrab) dan Les Mots Grossiers (olok-olokan).

Contoh l’argot adalah:
Boulot – pekerjaan
Joujoux – mainan
Keum – teman
Misquina – orang miskin
Rencard – kencan

Dari ketiga bahasa ini, dapat dibuat kalimat ungkapan yang menggabungkan dua atau tiga bahasa gaul di atas. Kalimat-kalimat ini biasa digunakan untuk mengekspresikan sesuatu dalam percakapan sehari-hari. Berikut beberapa contoh kalimatnya:

C’est dans la poche – itu benar-benar nyata
Je m’en fiche – aku tak peduli
Je te kiffe – aku sayang kamu
Quoi de neuf? – ada apa?
Pas se frotter – jangan bertengkar

Ketiga bahasa ini dapat Anda gunakan saat mengobrol santai dengan orang lain, supaya lebih terkesan akrab. Bon Courage!

 


cas-cis-cus-lancar-bhs-prancis-tanpa-kursusBahasa gaul Prancis ini dapat ditemukan dalam buku Cas Cis Cus Lancar Bahasa Prancis tanpa Kursus oleh Mutia Zata Yumni. Tidak hanya bahasa gaul, percakapan sehari-hari beserta pengetahuan unik tentang negara Prancis dapat Anda pelajari di buku ini. Buku ini juga menyediakan CD audio dari penutur asli (natif locuteur) untuk membantu pengucapan yang benar.

Leave your comment

<

Your email address will not be published.