• headline-penerbit-buku-bahasa-asing-pelajaran-dan-anak
Print

Kumpulan Soal dan Jawaban Tes CPNS Terbaru

kisi-kisi-soal-ujian-penerimaan-cpns-kementrian-lembagaMenjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah impian para pencari kerja. Beragam kenyamanan menjadi PNS sudah terbayang dalam benak banyak orang. Mulai dari penghasilan yang pasti setiap bulan, jam kerja yang sedikit longgar, jabatan dan karier yang jelas, tunjangan masa kerja, serta mendapatkan dana pensiun. Daya tarik menjadi PNS sangat besar sehingga sangat wajar jika orang-orang berlomba-lomba untuk mendapatkan status PNS. Bagaimana dengan Anda?

 

Mungkin sudah jadi hukum alam. Kehidupan yang nyaman harus dibayar dengan usaha yang berat. Karena peminatnya selalu membludak, untuk menjadi PNS Anda harus melewati sebuah seleksi. Seleksi ini juga bertujuan untuk mencari pegawai yang sesuai kualifikasi dengan muatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik. Salah satu seleksi pentingnya ialah tes tulis atau biasa disebut dengan Tes CPNS yang diselenggarakan oleh badan pemerintah terkait.

Pemerintah selalu membutuhkan pegawai baru di beberapa sektor, baik di kementrian, lembaga, maupun pemerintah daerah. Posisi yang dibutuhkan juga beragam, mulai dari tenaga pendidik, pelayanan publik (administrasi), tenaga kesehatan, hingga peneliti. Rekrutmen pegawai baru yang selalu diadakan setiap tahun ini untuk menggantikan pegawai yang telah pensiun atau penambahan pegawai karena beban pekerjaan yang semakin bertambah.

Jika Anda benar-benar tertarik menjadi PNS, Anda terlebih dahulu harus mempersiapkannya dengan matang. Pasalnya, persaingan yang besar mengharuskan Anda mampu menjadi yang terbaik di antara mereka. Terutama, kemampuan Anda menjawab setiap soal-soal yang diujikan dalam tes CPNS. Tes tulis ini merupakan kualifikasi kemampuan dasar Anda dalam potensi akademik, pengetahuan umum, dan psikologi.

Oleh sebab itu, kenalilah pola dan karakteristik soal yang sering diujikan. Melalui soal-soal ini, Anda sudah memiliki modal yang lumayan. Pasalnya, biasanya soal yang diujikan seringkali memiliki kemiripan dengan soal-soal terdahulu. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh gambaran mengenai bentuk dan materi soal-soal tes CPNS sehingga Anda mendapatkan nalar yang lebih tajam.

Untuk mempermudah dari semua penjelasan di atas, Ruang Kata memberikan solusinya dengan menerbitkan buku “Kisi-kisi Soal Ujian Penermiaan CPNS Kementrian, Lembaga, dan Daerah”. Buku ini merupakan kumpulan soal terkini yang akan membantu Anda dalam berlatih kemampuan dalam menjawab soal-soal ujian CPNS atau mengintip bentuk-bentuk soal yang sering diujikan materi ujian.

Buku ini disusun oleh Tim Psikologi yang meliputi tes kemampuan umum, tes kemampuan verbal, tes kemampuan penalaran, tes kemampuan kuantitatif, dan pengetahuan tambahan. Setiap soal dan jawaban diberikan penjelasannya sehingga Anda dapat lebih mudah memahaminya. Selain itu, dilengkapi pula dengan Pembukaan dan UUD 45 yang telah diamandemen, UU Otonomi Daerah, dan ringkasan Ejaan yang Disempurnakan (EYD).